PROPOSAL
PROJECT
TUGAS AKHIR
PROSES
PEMBUATAN GAME
DISUSUN OLEH :
KHOLIFATUL ALIYA
PROGRAM KEJURUAN MULTIMEDIA
SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO
TAHUN PELAJARAN 2012-2013
PROPOSAL
TUGAS AKHIR
Nama
Sekolah :SMK Antartika 2 Sidoarjo
Program
Keahlian : Multimedia
Kode :
Alokasi
Waktu :
Nomor
Peserta :
Nama
Peserta :
Judul
Proyek
PROSES PEMBUATAN GAME RPG
Sidoarjo, 15 januari 2012
Mengetahui,
Guru Pembimbing Peserta Ujian
Gunawan Aribowo Kholifatul
A.
Menyetujui,
Kepala Sekolah
SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO
H. Imam Jawahir,S.Pd.MM
KATA PENGANTAR
Puji syukur
saya panjatkan kehadirat Tuhan YME karena atas rahmat dan hidayahnya Proposal
Tugas Akhir SMK Antartika 2 tahun ajaran 2012-2013 ini telah selesai. Proposal
ini dibuat berdasarkan tugas dari guru pembimbing kami guna memenuhi
persyaratan untuk mengikuti Ujian Kompetensi pada Jurusan Multimedia SMK
Antartika 2.
Proposal
Multimedia ini berisi tentang Proses Produksi Game yang sering kita
memainkannya. Dengan adanya Proposal ini diharapkan untuk membantu memberikan
cara alternatif belajar yang baru serta dapat meningkatkan kebutuhan belajar.
Pada
kesempatan ini saya sebagai penulis menyampaikan terima kasih kepada guru
pembimbing serta semua orang yang telah bersedia memberikan saran dan kritik
dalam penyempurnaan proposal ini. Akhirnya saya berharap proposal ini dapat
memberikan motivasi bagi orang lain dalam pengembangan ilmu Multimedia ini.
Sidoarjo,
Januari 2013
Penulis
DAFTAR ISI
- JUDUL……………………………………………………..……………...i
- PENGESAHAN ……………………….………………..………….....…..ii
- KATA PENGANTAR……..…………………………………….........…..iii
- BAB I PENDAHULUAN…………………………………………......…...5
- A. Latar Belakang……..………………………………...................5
- B. Tujuan……………….………………………………...........…..6
- BAB II JENIS GA..………………………………………….......………...8
- A. Jenis-jenis………………………………….………….......................….…8
- B. Komponen Pembuatan Game.……………........................................…...…9
- BAB III KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN……....................…..…..10
- A. Keunggulan…….………………………………....…..........................…..10
- B. Kelemahan………………………….……….........................…….……...11
- C. Proses Pembuatan ..…………………………...............................…….…13
- BAB IV TUTORIAL MEMBUAT GAME…………………..................…14
- BAB V THE BEST GAME……………………………….........…………19
- A. 6 Aplikasi terbaik………………………..…………..............................…19
- BAB VI PROSES PRODUKSI DAN JASA………….................……….24
- A. Alat……………………………………………….....................……..….24
- B. Bahan……………………………….........................................................24
- BAB VII KESIMPULAN……………………..……...........……....….….25
- BAB VIII PENUTUP……………………………….........…………….…26
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Perkembangan
game di dunia semakin pesat, tidak terkecuali Indonesia. Game saat ini sudah
menjadi alternative hiburan bagi tua, muda, remaja, bahkan Anak-anak sekarang
yang masih kecil sudah jago bermain game. Industri dan bisnis pengembangan game
juga sudah menjadi suatu hal yangmenjanjikan, terbukti dengan banyaknya
perusahaan pengembang game di Amerika, Eropa dan Asia. Negara Indonesia masih terhitung sebagai konsumen
game, ini dilihat dari tingkat konsumsi game yang sangat tinggi. Banyak
perusahaan-perusahaan yang membawa game-game bagus dari luar negeri untuk
dimainkan di Indonesia.
Di
balik semua itu, tersirat keinginan dari Anak-anak Indonesia untuk membuat game mereka
sendiri, tetapi masih saja terbentur dengan masalah ilmu, biaya dan
tingkat kesulitan pembuatan game, padahal
kreativitas, inovasi dan imajinasi mereka tidak kalah dengan pengembang
game luar negeri. Komunitas pengembang game baik Indonesia maupun luar negeri,
mengungkapkan bahwa RPG Maker itu adalah
yang terbaik. Namun, saya berusaha
membuat dan menyajikan ilmu dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna.
Role Playing Game (RPG) adalah salah satu jenis game pilihan karena memasukan
unsur-unsur penceritaan yang kompleks serta seni peran yang membuat seseorang
merasa seperti menjadi tokoh yang diperankannya dalam game tersebut. Lagipula dalam game jenis ini dapat
mengembangkan karakter mulai dari nol sampai menjadi seorang yang berkarakter. Negara Indonesia sebenarnya
tidak kekurangan imajinasi yang handal dalam ide membuat sebuah game, khususnya
RPG. RPG Maker adalah salah satu dari
banyak program yang akan membantu penulis dalam mengembang-Kan sebuah game RPG
buatan. Program ini adalah program yang cukup baik dalam perannya sebagai
sebuah RPG Editor Engine atau mesin pengedit RPG, dimana RPG buatan dapat
menjadi sebuah program gamedua dimensi mandiri yang dapat dimainkan langsung
tanpa bantuan program ini atau program lain.
1.2 Identifikasi Masalah
sebuah perangkat
Melihat latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan suatu permasalahan
yaitu “Membangun lunak dalam bentuk game RPG menggunakan perangkat lunak RPG
Maker VX sebagai RPG Editor Engine dalam pembuatan sebuah game RPG.”
1.3 Batasan Masalah
1. Dalam
kegiatan ini tidak seluruh tools dalam
RPG Maker VX digunakan dalam
2. pembuatan
jenis game RPG. Tetapi berdasarkan
pertimbangan waktu maka hanya
3. dibuat
sebuah game sederhana yang meliputi pembuatan cerita (Storyline), peta game
4. (Maps
Game), musik dan efek suara, dan hal-hal yang berkaitan dengan game.
1.4 Maksud dan Tujuan
Dalam penulisan
Tugas Akhir mengenai mengembangkan
sebuah software atau perangkat lunak game menggunakan RPG Maker VX ini
mempunyai beberapa maksud dan tujuan antara lain:
1. Membangun sebuah software
game dalam bentuk game RPG menggunakan perangkat lunak RPG Maker VX sebagai RPG Editor Engine
dalam pembuatan game RPG.
2. Untuk
menjelaskan berbagai informasi dasar dalam pembuatan sebuah game pada RPG maker
VX.
1.5 Metodologi Perancangan
Dalam perancangan game menggunakan
RPG Maker VX, metode yang akan digunakan untuk menyelesaikan Tugas Akhir ini
adalah:
Dalam
pengumpulan data dan informasi tetang permasalahan yang dibahas, penulis
membaca dan mempelajari dokumen-dokumen, buku-buku atau diktat serta sumber lainnya yang berkaitan
dengan penelitian untuk dijadikan referensi.
2. Metode Pengembangan Sistem.
Metode
pengembangan sistem yang digunakan dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini
menggunakan model Rapid Application Development (RAD) yang terdiri atas:
a. Tahapan perencanaan
syarat-syarat
Pada tahapan ini
pengguna tingkat tinggi memutuskan fungsi apa yang harus difiturkan oleh game
menggunakan RPG Maker VX tersebut.
b. Tahapan perancangan pengguna
Pada tahapan ini
dilakukan perancangan proses dan perancangan antarmuka dari game menggunakan
RPG Maker VX.
c. Fase Konstruksi
Pada tahapan ini dilakukan pengkodean
terhadap rancangan yang telahdidefinisikan.
d. Fase Pelaksanaan.
Pada tahapan ini dilakukan
pengujian dan analisis pengujian
terhadap game yang dibuat menggunakan
RPG Maker VX
BAB II
JENIS GAME
A . Jenis - jenis
game
Jenis game
mungkin sangat banyak dan bervariasi , dari media untuk memainkannya yang beda,
cara bermain, jumlah pemain , tapi disini yang akan saya jelaskan adalah jenis
game yang tipe game yang biasanya dimainkan di handphone dan komputer .
1. Action
games, biasanya meliputi tantangan fisik, teka-teki (puzzle), balapan,
dan beberapa konflik lainnya. Dapat juga meliputi masalah ekonomi sederhana,
seperti mengumpulkan benda-benda.
2. Real Time Strategy (RTS) adalah game yang
melibatkan masalah strategi, taktik, dan logika. Contoh game
jenis ini adalah Age of Empire, War Craft, dan sebagainya.
3. Role Playing Games (RPG), kebanyakan game jenis ini melibatkan
masalah taktik, logika, dan eksplorasi atau penjelajahan. Dan juga kadang
meliputi teka-teki dan masalah ekonomi karena pada game
ini biasanya melibatkan pengumpulan barang-barang rampasan dan
menjualnya untuk mendapatkan senjata
yang lebih baik. Contoh dari game ini adalah Final Fantasy, Ragnarok, Lord of
The Rings, dan sebagainya.
4. Real World Simulation, meliputi permainan
olahraga dan simulasi masalah kendaraan termasuk kendaraan militer. Games ini
kebanyakan melibatkan masalah fisik dan taktik, tetapi tidak masalah
eksplorasi, ekonomi dan konseptual. Contohnya seperti adalah game Championship
Manager.
5.
Construction and Management, seperti
game Roller Coster Tycoon dan The
Sims. Pada dasarnya adalah masalah ekonomi dan konseptual. Game ini jarang yang
melibatkan konflik dan eksplorasi, dan hampir tidak pernah meliputi tantangan
fisik.
6.
Adventure games, mengutamakan masalah eksplorasi dan pemecahan
teka-teki. Namun terkadang meliputi masalah konseptual, dan tantangan fisik
namun sangat jarang.
7.
Puzzle games, ditujukan untuk
memecahkan suatu masalah tertentu. Hampir semua
semua tantangan disini menyangkut masalah logika yang biasanya dibatasi
oleh waktu.
8.
Slide scrolling games, pada jenis
game ini karakter dapat bergerak
ke samping diikuti dengan gerakan background. Contoh game tipe seperti ini
adalah Super Mario, Metal Slug, dan sebagainya.
B . Komponen pembuatan game
Untuk
membuat sebuah game di media seperti handphone dan komputer diperlukan keahlian
bahasa pemrograman dan kretifitas yang tinggi untuk pembuatanya , sehingga
cukup sulit untuk membuatnya . Namun dalam pembuatannya yang diperlukan adalah
software untuk membuat game , tenaga ahli , dan PC . banyak software komputer
yang digunakan untuk membuat sebuah game , misalnya : prolog , blender ,
eclipse , netbeans , dan lain sebagainya .
KEUNGGULAN DAN
KELEMAHAN PRODUK
A.
KEUNGGULAN
Permainan animatif saat ini semakin banyak di gemari semua
kalangan di saat mengisi kekosongan waktu luang. Bagi sebagian orang, bermain
game sudah seperti kebutuhan bahkan kecanduan. Segala sesuatu yang berlebihan
akan menghasilkan yang kurang baik, oleh sebab itu bermain game hendaknya 2 jam
saja dalam sehari.
KELEBIHAN
BERMAIN GAME:
·
Tidak perlu melakukan instalasi, pengembang game menciptakan game-nya tidak lagi
merepotkan pemain-nya. Inilah game berbasis browser
·
banyak pilihan, tersedia beragam pilihan game
tanpa harus memenuhi memori di dalam harddisk
·
tidak membosankan, karena banyak pilihannya.
Ketika bosan dan kalah dengan satu jenis, game anda bisa memainkan game lainnya
tanpa perlu repot lagi. Anda hanya
tinggal pilih di dalam web broser, kemudian klik yang di inginkan.
B. KEKURANGAN BERMAIN GAME :
·
Karena
berbasis browser internet, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk koneksi
internet.
·
Koneksi
internet merupakan prioritas utama, sehingga jaringan koneksi yang cepat akan
mencukupi akses jenis game online ini.
·
Display
grafis yang lumayan minim, permainan ini pada intinya ditujukan untuk permainan
sebagai hiburan semata, bukan kualitas grafis yang diutamakan, yang penting
tampilan tidak buruk dan menarik untuk dilihat. Berbeda dengan game berbasis
sistem operasi, yang hasil tampilannya sangat memukau dan luar biasa seperti
game Need for Speed, MotoGP dan sebagainya. Game besar seperti ini memang
membutuhkan grafis yang sangat baik untuk hasil gambar yang detial dan optimal.
·
Loading
berat, loading awalnya saja yang agak terasa berat jika Anda menggunakan
jaringan internet super tidak akan menjadi masalah. Tetapi ketika untuk
selanjutnyaloading tidak akan menjadi masalah.
Itulah sekilas tentang sekelumit
kekurangan dan kelebihan game online. Disini, akan mencoba mengupas apa saja
sisi baik dan buruk bermain game. Mari kita ulas sisi positifnya. Menurut dr.
Irzan Nurmana bermain game bisa menimbulkan rasa empati, post-traumatic,
belajar tentang hal baru, manajemen penglihatan, resep nyeri, melatih
imajinasi, sinkronisasi mata dan tangan.
v 7 hal tersebut yang di sampaikan oleh
pakar kesehatan ternyata bisa masuk akal juga jika dikaitkan dengan kegiatan
sehari-hari, misalnya:
Ø Rasa Empati, terkadang seorang pemain
akan membela mati-matian hingga titik darah penghabisan untuk membuat tokoh
pilihannya menang. Segenap cara dilakukan untuk bisa menumpas musuhnya yang
dihadapi dalam game tersebut, jika si pemain bisa mengimplementasikan empatinya
tadi di dunia nyata bisa jadi dia akan membantu semua orang yang butuh
pertolongan hingga menang seperti game tersebut.
Ø Paska traumatik, seseorang yang
mengalami depresi berat dalam kehidupan nyatanya, jika dia asyik dan hanyut
dalam permainan online, masalahnya akan terlupakan.
Ø Belajar hal baru, Anda ingin
bagaimana rasanya mengemudikan pesawat jumbo sekelas Boeing 747, Airbus,
Pesawat tempur F-16, Super car yang tercepat sekalipun? Anda tidak perlu keluar
ongkos jutaan dollar untuk membelinya atau kursus berbulan-bulan untuk sekedar
rasa ingin menjadi pilot. Atau Anda ingin merasakan menggunakan senjata api
mulai dari yang jaman PD I sampai senjata api modern? Anda tinggal mencoba
semuanya secara gratis hanya dengan memilih game yang tepat atau biasa disebut
dengan game simulator.
Ø Melatih penglihatan, mata Anda yang
mengantuk ketika bermain game akan dipaksa untuk membelalakkan mata, waspada
dari serangan tembakan musuh, atau ketika bermain game Super Speed di sirkuit
yang mengharuskan Anda untuk terus melihat setiap tikungan jalan.
Ø Terapi nyeri, ketika asyik akan lupa
sakit yang dideritanya. Nyeri akan dikalahkan oleh konsentrasi penuh.
Ø Melatih sinkronisasi tangan-mata,
ketika mata melihat ada musuh, jemari tangan tanpa dipikir terlebih dahulu
langsung menarik pelatuk. Atau, ketika melaju kencang melihat tikugan dengan
cekatan langsung menginjak rem kemudian mengambil ancang-ancang untuk berbelok.
Selain keuntungan ada juga sisi buruk
bermain game, yaitu boros waktu, boros
tenaga, tidak kreatif, lebih egois, boros uang, membuat diri menjadi adiktif,
gangguan kesehatan, pemborosan usia, dan masih banyak sisi negatif lainnya.
Itu semua tergantung Anda semua menilai dari sisi baik atau buruknya. Pada
intinya, gunakan fasilitas game online yang interaktif sesuai batas kewajaran
dan tidak berlebihan. Bila Anda sebagai orang tua perhatikan waktu dan game
yang dimainkan oleh putra-putri Anda di rumah.
C. PROSES PEMBUATAN GAME
No.
|
Kegiatan
|
Februari
|
Tempat
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
Menentukan jenis (Genre) game apa yang akan dikerjakan
|
|||||||
2
|
Membuat jalan cerita (Story Line Making) game yang akan dibuat
|
|||||||
3
|
Menciptakan
karakter / tokoh (Character Design) dalam sebuah game
|
|||||||
4
|
Membuat bagan alur game (Follow Charting)
|
|||||||
5
|
Membuat
program game, baik gambar maupun suara (Programing)
|
|||||||
6
|
Mencari kesalahan / error game yang sudah selesai dibuat (Debugging)
|
|||||||
7
|
Melakukan uji
coba / trial game dalam bentuk Beta Version (Playtesting)
|
|||||||
8
|
Membuat judul
(Title) game yang telah selesai dibuat
|
|||||||
BAB IV
TUTORIAL MEMBUAT GAME RPG
Sebelum masuk event cerita, ada baiknya
kita mendesain Map yang akan kita gunakan sebagai latar belakang cerita.
Pada Bagian ini saya akan menjelaskan
cara membuat world map (dengan resourcse default bawaan dari RPG Maker.
1. membuat project baru
1. membuat project baru
3. Kemudian akan
muncul kotak dialaog seperti gambar dibawah ini:
Silakan melakukan perubahan sesuai kebutuhan, misalnya disini saya merubah
nama mapnya yang awalnya MAP001 menjadi world map dan dimensinya saya rubah
menjadi 30x20 (Lebar x Tinggi)untuk tileset saya biarkan. Untuk fungsi lainyya
di map properties lanjut dibagian selanjutnya hehehe.
4. Selanjutnya Mendesain Bagian Bawah Layer berupa permukaan dunia, dapat anda desain sesuai keinginan anda.Contohnya:
5. Selanjutnya kita juga perlu mendesain Bagian Upper yang biasanya berisi
pernak-pernik interior, gambar desa dan lainnya caranya:Pilih Edit The
Upper layeryang ada di Toolbar maka gambar tilesetnya pun berubah
perhatikan gambar dibawah ini, gambar dikiri yang tadinya permukaan tanah
menjadi interior.
6. Kemudian lakukan desain sesuai selera sehingga
World Map layer anda telah selesai dibuat misalnya seperti ini
TEST PLAY Muncul Eror
7. mari kita lihat hasilnya dengan klik tombol, perhatikan gambar dibawah ini.
8. Dan ternyata hasilnya EROR dan muncul pesan YOU
MUST SET A STARTING PARTY POSITION seperti gambar dibawah ini.
9. Klik EDIT THE
EVENT LAYER yang ada di menu toolbar
10.Arahkan kursos ditempat yang ingin diletakkan character utama, dan klik kanan kemudian pilih Place parting
11.Akan muncul icon seperti gambar dibawah ini
BAB V
THE BEST
GAME
A. 6 APLIKASI GAME TERBAIK
1. Adventure Maker Free Edition
Aplikasi yang satu ini tak hanya dapat digunakan untuk membuat
game untuk PC Windows. Anda pun dapat memanfaatkannya untuk membuat game jenis
point-and-click untuk PSP (PlayStation Portable), iPhone, dan juga !Pod Touch.
Selain itu, Adventure Maker juga dapat dipakai untuk membuat aplikasi
multimedia, virtual tours, aplikasi edukasi, hingga presentasi.
Adventure Maker sangat mudah digunakan. Anda tak perlu melakukan scripting atau pemrograman untuk dapat membuat game. Yang perlu Anda lakukan hanya mengimpor gambar ke aplikasi, menambah sejumlah titik untuk menghubungkan gambar dengan gambar lainnya, dan proses selanjutnya dilakukan oleh aplikasi.
Saat menciptakan software untuk Windows, aplikasi yang mendukung Windows XP dan Vista ini menyediakan fitur “Load/Save Game” functions, inventory items, 360-degree interactive panoramas, dukungan untuk format Flash, karakter untuk pembuatan game third-person, full-screen transitions, efek air dan asap, hingga dukungan untuk 30 lebih format file multimedia.
Adventure Maker sangat mudah digunakan. Anda tak perlu melakukan scripting atau pemrograman untuk dapat membuat game. Yang perlu Anda lakukan hanya mengimpor gambar ke aplikasi, menambah sejumlah titik untuk menghubungkan gambar dengan gambar lainnya, dan proses selanjutnya dilakukan oleh aplikasi.
Saat menciptakan software untuk Windows, aplikasi yang mendukung Windows XP dan Vista ini menyediakan fitur “Load/Save Game” functions, inventory items, 360-degree interactive panoramas, dukungan untuk format Flash, karakter untuk pembuatan game third-person, full-screen transitions, efek air dan asap, hingga dukungan untuk 30 lebih format file multimedia.
Dalam bundel aplikasi versi gratisnya, Anda mendapatkan
fasilitas icon editor, music composer, aplikasi gambar, dan program untuk
mengubah dan mengompresi gambar. Untuk menambah fungsi program, sejumlah plugin
gratis juga tersedia dan siap diunduh dari situs Adventuremaker.com. Sejumlah
sampel game juga tersedia, berikut tutorial pembuatan, baik itu untuk membuat
game Windows atau pun game untuk konsol dan gadget.
Untuk versi penuhnya, sang pembuat game menyediakan versi berbayarnya. Versi berbayar ini menyediakan fasilitas untuk menjadikan game EXE sehingga dapat diinstal dan dimainkan tanpa aplikasi Adventure Maker.
Untuk versi penuhnya, sang pembuat game menyediakan versi berbayarnya. Versi berbayar ini menyediakan fasilitas untuk menjadikan game EXE sehingga dapat diinstal dan dimainkan tanpa aplikasi Adventure Maker.
2. 3D Game Studio
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat baik untuk edukasi,
simulasi dan juga tentunya untuk pembuatan game. Aplikasi ini menyediakan
kemudahan dalam membangun game baik 2D maupun 3D, khususnya RPG (Role Playing
Game). Bahkan dengan aplikasi ini, pengguna dapat membangun game berbasis
format multiplayer, meskipun belum mendukung tampilan tiga dimensi.
Arena permainan ini dapat dibuat dengan menggunakan komponen
yang tersedia, seperti background air, tanah, atau udara. Penggunaannya pun
sangat fleksibel, dan Anda dapat menerapkannya dalam tiga lapisan obyek.
Begitupun untuk pengelolaan karakter Anda boleh membuat sebanyak-banyaknya karakter. Setiap aspek untuk karakter tersebut bisa diset, seperti status, visual, behavoiur, dan perlengkapan karakter saat dimainkan. Karakter di dalam aplikasi ini dibagi dua: karakter yang dapat dimainkan dan yang tidak.
Kalo boleh dibilang 3D Game Studio adalah aplikasi yang terbaik untuk belajar membuat game 2D atau 3D, karena tutorial-nya lengkap, contohnya juga banyak, plugin yang disediakan pun banyak, bagi yang bisa programming lebih bagus lagi karena ada API buat bahasa pemrograman seperti Delphi, .NET C#.
Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di halaman ini :
http://www.conitec.net/english/gstudio/download.php
Begitupun untuk pengelolaan karakter Anda boleh membuat sebanyak-banyaknya karakter. Setiap aspek untuk karakter tersebut bisa diset, seperti status, visual, behavoiur, dan perlengkapan karakter saat dimainkan. Karakter di dalam aplikasi ini dibagi dua: karakter yang dapat dimainkan dan yang tidak.
Kalo boleh dibilang 3D Game Studio adalah aplikasi yang terbaik untuk belajar membuat game 2D atau 3D, karena tutorial-nya lengkap, contohnya juga banyak, plugin yang disediakan pun banyak, bagi yang bisa programming lebih bagus lagi karena ada API buat bahasa pemrograman seperti Delphi, .NET C#.
Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di halaman ini :
http://www.conitec.net/english/gstudio/download.php
3. Adventure Game Studio
Bagi Anda yang ingin bisa membuat game petualangan dalam tampilan semi-3D dan sudah menguasai pemrograman, freeware yang satu ini dapat menjadi media berkreasi. Meski begitu, bukan berarti Anda yang pemula tidak dapat menggunakannya.
Selain menyediakannya secara gratis, pembuat game ini juga memberikan tutorial komplet mulai dari awal hingga tingkat lanjut secara step-by-step. Selain itu, tersedia pula resources page di situs web sang pembuat untuk mengakses tip dan trik pengelolan program.
Adventure Game Studio memungkinkan Anda membuat game petualangan jenis point-and-click, seperti aneka game buatan pembuat game Sierra dan Lucasart yang terbit di tahun 1990-an. Fasilitas editor untuk membuat game beserta engine run-time-nya cukup mudah dikelola. Terlebih karena ada panduannya.
Untuk memudahkan pengelolaan aplikasi ini dari awal, sejumlah template game klasik telah disediakan sehingga kita bisa mengedit dan memodifikasinya sesuai keinginan. Sebagai insipirasi, sejumlah game buatan pengguna lain juga dipajang dan dapat diunduh dari situs penyedianya. Dalam paket installer-nya juga disediakan demo game.
Aplikasi ini kompatibel dengan Windows 2000, XP, dan Vista serta membutuhkan penginstalan .NET Framework 2.0. Butuh pemahaman sebelum menggunakannya, tapi feature pengesetan game sangat fleksibel, sehingga Anda dapat menentukan format resolusi tampilan game hingga personalisasi GUI (Graphic User Interface-nysa).
Untuk men-downloadnya bisa diklik di sini :http://www.adventuregamestudio.co.uk/acdload.htm
4. Game Maker
Aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat beragam macam game untuk diinstall di PC. Mulai dari game berbentuk maze (labirin dengan konsep permainan bak puzzle), tembak-menembak, hingga permainan bertampilan tiga dimensi, dan first person shooter.
Aplikasi ini menjanjikan trik pembuatan game dengan sistem drag-and-drop, sehingga untuk pembuatan game sederhana kita tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman. Namun, ketika ingin membuat permainan yang lebih kompleks, kemampuan pemrograman juga diperlukan di sini.
Tak menguasai bahasa pemrograman? Tenang saja. Anda dapat mengunduh beragam tutorial di situs sumbernya.
Tutorialnya cukup lengkap, komplet dengan panduan step-by-step berformat PDF. Di dokumen ini kode pemrograman instan dapat ditelaah untuk membuat game.
Aplikasi ini juga menyediakan beragam komponen untuk pendukung pembuatan beragam jenis permainan yang dikehendaki.komponen atau resources ini bahkan ada yang disediakan oleh para pengguna Game Maker lainnya. Anda bisa mengunduh background, musik latar, skrip pemrograman (agar tak repot membuat kode), banner, hingga fasilitas untuk membuat cheat codes di game buatan Anda.
Game buatan Anda ini kemudian dapat diperjual-belikan lho. Jika ingin menambah fungsinya untuk beragam feature baru di aplikasi, software ini dapat di-upgrade dengan meregistrasi atau membeli salinan software versi penuhnya.
Untuk mencobanya Anda bisa men-downloadnya disini :http://www.yoyogames.com/gamemaker/try
5. Jump Craft
Seperti aplikasi game creator yang kami bahas di sini, Jump
Craft memungkinkan kita membuat game dengan mengeklik-tarik komponen game ke
area pembuatan game. Ya, semudah itu. Selain itu, ada pula fasilitas untuk
pemrograman sederhana, sebagai ajang tambahan untuk belajar programming.
Anda bisa mengunduh aplikasi yang kompatibel dengan Windows XP dan Vista ini dari situs resminya, sekaligus berinteraksi dengan pengguna lain untuk mendapatkan panduan dan tips pembuatan. Konsep pembuatannya menerapkan prinsip “What You See Is What You Get”, sehingga komponen dan skenario yang diterapkan di area pembuatan game akan sama dengan output yang dihasilkannya. Pembuatan game tanpa coding (pemrograman) dapat dilakukan dengan konsep sistem “Trigger” dan “Actions” yang mudah diset. Setiap obyek di game ini bisa Anda gerakkan dan interaksikan dengan cara ini.
Tak perlu bingung untuk memulainya, karena ada sampel game untuk mempelajari pengelolaan aplikasi gratis ini. Lagipula, ada forum interaksi sesama pengguna yang dapat diakses secara bebas kapan saja.
Untuk info lebih lengkap dan download bisa diakses disini : http://jumpcraft.com/
Anda bisa mengunduh aplikasi yang kompatibel dengan Windows XP dan Vista ini dari situs resminya, sekaligus berinteraksi dengan pengguna lain untuk mendapatkan panduan dan tips pembuatan. Konsep pembuatannya menerapkan prinsip “What You See Is What You Get”, sehingga komponen dan skenario yang diterapkan di area pembuatan game akan sama dengan output yang dihasilkannya. Pembuatan game tanpa coding (pemrograman) dapat dilakukan dengan konsep sistem “Trigger” dan “Actions” yang mudah diset. Setiap obyek di game ini bisa Anda gerakkan dan interaksikan dengan cara ini.
Tak perlu bingung untuk memulainya, karena ada sampel game untuk mempelajari pengelolaan aplikasi gratis ini. Lagipula, ada forum interaksi sesama pengguna yang dapat diakses secara bebas kapan saja.
Untuk info lebih lengkap dan download bisa diakses disini : http://jumpcraft.com/
6. Alice
Aplikasi ini sebenarnya adalah sebuah aplikasi yang dirancang agar kuliah pemrograman dapat lebih mudah dimengerti dengan menampilkan gambar-gambar 2D atau 3D yang bisa dimanipulasi. Saat ini banyak dipakai di sekolah-sekolah atau kampus di Amerika.
Tampilan aplikasi menyenangkan, karena mirip aplikasi edukasi anak-anak. Dengan warna ceria dan paket komponen game yang memadai, proses pembuatan game dapat dilakukan tanpa melakukan pemrograman. Namun, jika Anda memahami sedikit dasar pemrograman dan ilmu logika, itu akan sangat membantu dalam pembuatan game.
Aplikasi ini berbasis Java, sehingga disarankan komputer kita
sudah terinstall Java Virtual Machine,
untuk Windows XP, Vista atau 7 biasanya sudah ada Java Virtual Machine sehingga
tidak perlu khawatir.
BAB VI
PROSES PRODUKSI DAN
JASA
A.
Alat
No.
|
Nama Alat
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Mouse
|
Unit
|
1
|
2.
|
Keyboard
|
Unit
|
1
|
3.
|
Speaker
|
Unit
|
1
|
B.
Bahan
No
|
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Pc atau Laptop
|
a.
Prosesor
2,5 MHz
b.
Motherboard(chipset
H61 (ECS H61H2-M2))
c.
RAM 2 GB DDR3
d.
Harddisk
(500 GB)
e.
VGA
Card
f.
Heatsink/cooler
|
Unit
Unit
Unit
Unit
Unit
Unit
Unit
|
1
1
1
1
1
1
1
|
2.
|
Software RPG MAKER
|
Unit
|
1
|
KESIMPULAN
Pada dasarnya yang
membuat game berhasil adalah kelima komponen berikut ini:
1. Koordinator
2. Programmer
3. Type Writer (Dialog)
4. Character
5. Storyline
Namun pada
kenyataannya tidak selamanya semua itu menjamin game tersebut berhasil (laku
dipasaran). Karena ternyata ada beberapa game dapat berhasil walau semua
komponen tersebut tidak bagus atau tidak lengkap. Misalkan
• game angry bird, game ini adalah game yang memiliki storyline
yang tidak begitu menarik (telor-telor burung dicuri babi dan para burung
marah) namun dapat berhasil di pasaran karena game ini memiliki character yang
menarik (lucu dan unik) sehingga dapat menarik antusias dari pemain untuk
menyelesaikan game tersebut.
• Ataupun Call Of Duty: Modern Warfare 3 game ini memiliki story
line yang cukup menarik para pemainnya
BAB VIII
PENUTUP
Dengan mengucapkan
rasa puji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT atas berkah-NYA yang
melimpah.sehingga dapat menyelasaikan proposal tugas akhir ini dengan penuh
tanggung jawab,walaupun masih banyak kekurangan dan masih jauh dari tujuan yang
diharapkan.
Harapan-nya semoga
laporan ini dapat diterima untuk memenuhi persyaratan mengikuti ujian
kompetensi.melelui laporan ini kami mengucapkan terima kasih kepada bapak
pembimbing dan mohon maaf atas segala kekurangan yang dapat dalam penyusunan
laporan ini.
Dengan ini kami
mengharapkan saran beserta kritik yang bersifat membangun untuk meningkatkan
kesempurnaanya proposal ini dan demi menambah pengetahuan kami.
Akhirnya kami
mengucapkan terimakasih kepada pembimbing dan teman-teman yang telah ikut serta
membantu dalam menyusun laporan ini,sehingga proposal ini dapat terselasaikan
dengan tepat pada waktunya.
DAFTAR PUSTAKA
BIODATA PENULIS
Penulis,
Kholifatul Aliya Lahir di Sidoarjo Tanggal 08 Februari 1995.Anak ke 5 dari lima
bersaudara.Mempunyai hobi menonton film, menyanyi dan travelling. Bersekolah di
SMK Antartika 2 Sidoarjo. Pernah menjadi pengurus di organisasi IPNU sampai
saat ini. Mempunyai pengalaman magang kerja di BMKG Juanda.
0 komentar:
Posting Komentar